Monday, January 21, 2013

about Rekanita ...

Haii....

Selamat pagi, siang, malam, dimanapun pembaca berada....
Kali ini dengan tema yang berbeda, disini saya ingin mengutarakan sebuah fenomena yang cukup menarik bagi saya....

Langsung saja dengan kata "Rekanita" ... mungkin hanya beberapa orang saja yang tau apa arti dari rekanita ini....

Rekanita ini bisa singkatan dari Rekan Wanita, namun hal ini identik dengan sebutan 'pacar' untuk taruna Akmil, AAU, AAL, dan AKPOL..
dan bagi beberapa orang, hal ini menjadi sesuatu yang istimewa.. ya, karena sih (katanya) mereka itu perempuan beruntung , ini sih katanya lhoo... padahal ya menurut saya, sama derajatnya sama perempuan sederhana dan biasa :)

Nah, dengan sebutan rekanita itu, mereka yang memiliki 'gelar' rekanita , mempunyai kebanggaan sendiri dan merasa memiliki status sosial yang tinggi dibanding pacar2 lain,, Nah loo,, ini sering terjadi...
Ini memang masalah sepele, namun menurut saya menarik untuk dikaji...

Oke,
Peristiwa yang sering terjadi yaitu, diantara rekanita sendiri sudah ada senioritas.. padahal yaaa hellooooooo (yang punya pangkat siapa yang ribet siapa) ,, karena menurut saya rekanita itu baru "pacar" lhoo "PACAR" (perlu saya gedein lagi??) .. Seperti dialog yang saya alami dengan seorang rekanita lain, sebut saja mbak X, seperti ini :

X : sori,, ya ad yg mw ak omongin ne... hmm, km msh rekanita sersan, tp q rekanita mayor. hrusny km panggil ak 'kak' atau 'mba' wlwpun ak lebih muda dr km. Ne ak ngajarin km aj lo, km kan blm tau banyk hal ky gitu. jd sy kasih tau,bknnya gila hormat. Tp itu etika sbg rekanita. Km hrs ngrti namanya etika, ksian abgmu pny cw ga pny etika sbg rekanita.
aku :  ribet amat sih mb, gimanapun ak lebih tua dr km ;).. yang pny pangkat siapa, kok situ yang ribet ya.. :p

X : de, maav lho y, kl km g mw d anggp jd rekanita y jgn jd pcr taruna.

aku : maaf jg mb, sbnrny sy gmw diikat aturan sprti itu, toh kita br pacar, saya cinta dia bukan karena dia taruna kok mbak , maaf ya.. 

Dan juga ...
nahh ini yang penting, yaitu "baru jadi pacar, tapi udah rame2 merendahkan pacar junior" atau dalam arti, para rekanita taruna (calon perwira) , tak jarang di media sosial rmerendahkan pacar siswa (seba, dan sebagainya).
Hal ini sering saya lihat di jejaring sosial...
kalo baru pacar aja sudah seperti itu, bisa menyimpulkan kan jika jadi istri nanti seperti apa?
sekali lagi saya katakan , mau kita pacar pengusaha, tentara, polisi, tukang becak, tukang ojek,
woiii semua itu SAMA ya bu ,,
 kita ini baru pacar, belum jadi istri..

sEMua yang kita dampingi sama istimewa bila kita mencintai seseorang... (cieelahh)

 Kata abang saya sendiri , " Ga usah gabung sm rekanita yg ky gitu,, aku kurang suka" , kebayang gak sih temen2 rekanita kalo abang2 kita risih sama kita karena tutur kata kita yang tidak enak di dengar?
nah, jadi kalo kita kaya gitu, malah siapa yang malu??

Jika memang itu sudah menjadi tradisi, tapi setidak nya kita bisa mengubahnya,,
sebab perlu diingat BAHWA, rekanita ini adalah kelak menjadi pendamping seumur hidup para perwiranya, jadi harusnya sih, sewajarnya sih, bersikaplah seperti perempuan yang tenang, cerdas, dan bijaksana , dan juga dewasa...
Jadi, tidak perlu meng'eksklusifkan' diri untuk menciptakan kesenjangan sosial..
jadi berperilakulah yang tidak mempermalukan kita apa lagi pacar kita sendiri...
banyak orang awam yang kurang paham soalnya :)

Saya sendiri salah satu dari yang disebut 'rekanita'..
setelah menjalani lebih dari 3 tahun menjadi seorang rekanita, dan masih tertarik dengan subyek yang disebut sebagai 'rekanita' ..
kenapa sih, ga ada persatuan pacar guru ? atau persatuan pacar dokter? atau bahkan persatuan pacar mahasiswa? kenapa? hahaha..
jawabannya, (katanya) karena rekanita itu beda !
Bedanya?
Bedanya , katanya rekanita itu pacar abdi negara, senasib, sepenanggungan...( emmm oke -_-)
Kebetulan saya tanya2... apa sih yang jadi kebanggaan rekanita itu?
katanya : Aku bangga menjadi seorang REKANITA! Karena untuk mendampingimu adalah mereka-mereka yang terpilih oleh pilihan Ibu Pertiwi!
(emmm oke -_-")

sekilas statement itu emang pantas... tapi menurut saya kok ada tapinya sih..


saya ngutip aja ya , dari kata-kata temen2 abang saya...

 
kebetulan saya tau password fesbuk abang saya, jadi saya sering buka2.. hehe dan ketemulah sebuah grupnya para taruna detasemen ** , dan disitu mereka membicarakan grup rekanita yang ada di twitter.. dan taukah komentar mereka?
yahh saya baca, dan saya malu..
yang jelas mereka terutama abang saya sendiri tidak menyarankan saya untuk ikut 'lebay'.. (itu kata mereka)
dan untuk teman2 rekanita.... supaya bersikap biasa sederhana saja.. tidak perlu eksklusif..
kita baru pacar... belum tentu jodoh.. meski kita sudah seyakin apapun,, walaupun jodoh, tentunya kita harus cerdas memilah tutur kata yang baik.. supaya tidak mempermalukan diri sendiri dan abang tentunya...
memanggil pacar, lebih enak 'pacarku' daripada harus 'Tarunaku' .. iya kan?

boleh kita berbangga hati... tapi sewajarnya.. dan sebenarnya.. kita sama seperti pacar-pacar yang lain.. jadi jangan merasa beda hanya karena abangnya taruna, atau masalah 'penantian'..

abdi negara tidak hanya taruna... guru pun abdi negara.. bahkan tukang sapu di jalanan itu juga abdi negara..

by the way.. tentang grup rekanita di jejaring sosial itu emang Penting dan Baik untuk share hal yang positif... tapi harusnya bisa.. jaga sikap :) jaga tutur kata :) jangan berlebihan :)

 
nah, mungkin ada rekanita yang membaca tulisan saya ini,, maaf yaa bila ada kata yang membuat tersinggung... sebab kritikan merupakan sapaan untuk introspeksi diri..
be smart rekanita girls :)

sekilas foto saya bersama mas kunto... hehehe








-Juliana Pramesti-

twitter : @julianamesty

37 comments:

  1. hehe like this saayang :D

    ReplyDelete
  2. hahah mas kun kommen.... makasii syng... :)

    ReplyDelete
  3. Btul2..yg pu.y pangkat sapa, yg kebakaran jenggot sapa..hohoho

    ReplyDelete
  4. bukannya rekanita itu sama kayak cewek2 biasa ya, rasanya kok ga ada istimewanya ya?

    toh pangkat jg ga dibawa mati

    maaf sebelumnya saya sukaaa deh sm postingannya

    ReplyDelete
  5. Setuju dengan statement ini.. Walaupun sangat disayangkan di kehidupan nyatapun.. Masih tetap yang punya pangkat suami, tetapi istri merasa ikut pakai pangkat juga.. Kadang miris dgn keadaan spt itu..

    ReplyDelete
  6. mbak mbak :: hehe makasih mba.. iyaaa mba,, begitulah realitanya :)

    ReplyDelete
  7. Setujuuu gelaa!!!! Gw baru 5 bulan jadi rekanita dan lumayan risih dgn paradigma "eksklusif" dari rekanita yg lain

    ReplyDelete
  8. I do agree ✓ HahaHa
    Yang ga nguatin tu ya pke sayang ² an segala itu loh , bisa dikira lesbong Sama tmn ² ku yg bukan rekanita.. :p

    ReplyDelete
  9. Hahahahaa...
    Ternyata Fenomena 'Rekanita' masih ada sampai sekarang yaa??
    kira'in ada di zaman friendster doank... xixixiii


    Bicara masalah rekanita, dulu saya sempet aktif di rekanita, dan sampai akhirnya saya bukan lagi seorang rekanita.
    Setelah lama aktif di komunitas rekanita lama2 saya merasa ada yg gak beres, Maksudnya ada beberapa wanita yg menghalalkan cara untuk menjadi seorang rekanita. Entah krn sebuah kebanggaan yg berlebihan atau gimana..

    Dan yg paling membuat saya gak habis pikir, rekanita2 ini bersikap melebihi sang cowok. Ngobrol dg teman2nya mengunakan bahasa2 kedinasan, misalnya mohon ijin, sisun, mentor dll.

    Jadi buat temen2 wanita yg menjadi rekanita, bersikaplah wajar. Jangan terlalu membanggakan diri, mendingan bersyukur diberi kepercayaan itu. Kalian adalah wanita2 terpilih. Karena ngga gampang lho menjadi pendamping seorang abdi negara. Selain gajinya yg konon kecil (maaf), harus siap ditinggal dan yg pasti hrs rela berbagi cinta dg negara.


    Salam Kenal yaa......

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak..
      terimakasih komentarnya.. :)

      Delete
  10. Saya setuju mba... salam kenal juga :)

    abang saya sendiri juga menyarankan saya tidak seperti itu....

    ReplyDelete
  11. setuju banget sama opini kamu ttg panggilan "say" dsb itu hehe..

    ReplyDelete
  12. Iya mba, sy stuju bgt!! :)
    Maaf, sya bkn rekanita tp ikutan
    teman saya jg ada yg rekanita dan terus terang saya agk kasian sama dia kalo pas ngmpul2 rekanita gtu... Gr2 tarunanya lg tingkat1, pas kumpul dy sering ky nggak dianggep, cm disuru ini itu, pesen makanan lah, ambilin ini itu lah, dll...yg nyuruh siapa lg kalau bkn mbak2nya yg pacarnya udh mayor2 gt...haha

    Aneh sebenarnya, wong kata saudara saya yg udah jd perwira aja, para taruna sendiri nggak kaya gitu, masak pcr2nya mlh pada ky gt...hehehe
    (terus terang saudara sy dulu pernah putus sama rekanya gr2 rekanya ketauan lebay...jd bikin nggak nyaman..pdhl mbaknya dulu cantik bgt...hahaha)

    Manthab postingannya!!!lanjutkan Mbak :)

    ReplyDelete
  13. hahahaha...alay banget sumpah...ngakak saya....

    ReplyDelete
  14. saya setuju.saat menjadi pacar, cukuplah berteman baik tanpa harus meng "eksklusifkan" diri. semua ada saatnya, jika sudah resmi menjadi istri pun bersikaplah yg wajar, jadi pendamping yg bisa menjaga kehormatan suami. hehehehe salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  15. Setuju banget sm postingannya.
    Sedikit komen deh, mgkin panggilan say/sayang diawal perkenalan itu sbnernya bagian dr mengakrabkan diri, spy ga canggung. Dan udah byk cewek2 yg manggilnya say/sayang sm sesama cewek, tp bukan berarti suka sesama jenis kan.
    Tapi kalau tindakannya mereka yg serasa punya pangkat itu emg ga bener, masih pacar lo ya..
    Tp mmg ada baiknya juga saling kenal sesama rekanita utk share hal positif.
    Pacar saya jg pny mantan yg aktif skali dgn rekanita, tp justru malah buat dia ga nyaman dan rekanita srg kali ikt campur mslh hubungan rekanita lainnya..
    Jadi yg wajar2 aja , bersikap dewasa, apalg klo udh jd istrinya perwira tentunya hrs bisa mengayomi istri2 anggota donk ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..
      iya share hal positif itu hal yg BAIK sperti yg sudah saya tulis tadi.. hehef
      hanya saja.. sesuatu yg berlebihan itu memang tidak baik,,, lebih baik biasa saja supaya tidak terkesan mengekslusifkan diri :)
      trimakasih mbak komentarnya :)

      Delete
  16. Setuju nih aku..
    Aku baru sebulan jadi reka aja udah ga nyaman bgt sama reka2 yg lain..suka pake bahasa2 dinas yg menurut sy ga penting .toh sy cinta abang saya tulus ga liat seragamnya .seragam ga di bawa mati euy!--"
    Mana jg ada fenomena cewe"gitar" yg bikin resah..hahaha jaya rekanita indonesia!

    ReplyDelete
  17. juuuuurrr..... komene akeh tenan, Penelitian iki :)
    aku opo koem ki sing neliti? :o disik2an ayoo... :D

    ReplyDelete
  18. Hello kak Julia ! Setuju banget sama statement kakak :) Anyway salam kenal ya, kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. maaf balesnya telat banget xD ... Makasih yaaa.. salam kenal jugaa :)

      Delete
  19. awalnya saya gak bgtu paham soal sebutan rekanita, saya tau pas saya udah menjadi pacar mas itu pun dikasih tau mas'y, tapi mas pernah larang saya gabung2 grup rekanita gitu, yg sewajarnya aja, katanya kalau mau cari info dsb langsung dari mas'y atau langsung aja dari tarunanya. pas baca postingan mba julia, saya jadi paham maksud mas larang saya gabung grup gitu, takutnya kena sindrom lebay kali ya. hehe. cukup berteman, saling sharing biasa aja, tanpa harus eksklusif dan lebay segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai...
      kalau untuk gabung grup, wajar aja kok, asal ketika berinteraksi tidak berlebihan... hehe

      Delete
  20. klo menurut aku panggilan mba, say itu emang udah biasa. karena itu guna mengakrabkan diri.
    tidak dengan mohon ijin, randu, dsb lah yaaah. . itu berlebihan.
    selama ini aku berteman sama yg rekanita lain biasa aja. (alhamdulillah temenan sama yg normal)
    aplgi yang rekanita nya itu wan TNI, mereka bersikap biasa aja.
    kebiasaan meng'eksklusifkan diri' itu entah darimana asalnya yaa
    yang penting sopan dan tidak berlebihan itu cukup.

    pernyataan diatas tsb udah kayak tmpat pelatihan menjadi rekanita sejati kali yaa.
    pernah liat juga statement spt itu.
    terkesan lebay.

    ReplyDelete
  21. Menjadi seorang rekanita adalah impian besarku. Gimana cara ngewujud in hal itu:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingin jadi rekanita karena apa? seragam?
      rekanita itu masalah hati .. bukan masalah seragam...

      Delete
  22. Setuju banget smaa postingannya mbak.. wah kapan2 bisa sharing yaa hehe.. masalah manggil mbak ke senior itu udah tradisi sih mbak, ya tergantung penyampian senior ke junior yang mengayomi bukan malah menyalahkan junior, kita juga baru pacar yaa. Yang penting mbak apa kata abang kita lebih di denger sihh.. relasi itu dibutuhin bukan dengan rekanita aja, dengan semua orang kita perlu relasi.. semoga relasi rekanita makin kuat yaa hehe amiinn.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  23. Suka banget sama postingannya, emang kadang2 terlihat lebay yg punya pangkat siapa, yg ribet siapa

    ReplyDelete
  24. Pacar seba bisa di sebut rekanita juga ga sih?

    ReplyDelete
  25. Pacar seba bisa di sebut rekanita juga ga sih?

    ReplyDelete

Pages

Labels